Yang Harus Diketahui Untuk Memprogram

Buat temen-temen yang pertama kali mo mrogram, saya punya tips dan trik khusus buat belajar pemograman. Temen-temen g sah bingung ato takut g bisa karena hal itu bisa buat kita mudah putus asa.

Hal pertama yang harus diketahui untuk bahasa pemograman antara lain:

--Tipe Data

Untuk yang satu ini jelas. Karena kita tak bisa memogram tanpa tahu jenis-jenis tipe data. Biasanya tipe data dibedakan menjadi 2, bilangan dan karakter. Untuk bilangan dipecah lagi menjadi bilangan bulat dan pecahan, sedangkan untuk yang karakter dibagi menjadi satu karakter dan kumpulan karakter (string). Pelajari juga bagaimana menyusun Array /
larik pada tiap-tiap tipe data tersebut.

--Percabangan dan Perulangan

Hampir semua pemograman membutuhkan ini. Percabangan biasanya digunakan untuk mengontrol keadaan khusus, memfilter untuk situasi yang benar (true) saja. Perulangan digunakan untuk menghemat pemograman yang sifatnya berulang dan mempunyai pola tertentu.

Contoh percabangan semisal kita ingin memfilter hanya anak umur lebih dari 17 tahun saja yang masuk maka kita dapat menuliskannya dalam pseudocode (kode bayangan tanpa tergantung bahasa pemograman manapun) seperti berikut:

If umurAnak >= 17 Then masuk

Contoh perulangan semisal kita ingin menambahkan jumlah lima bilangan bulat positif pertama, kita dapat mengulang angka dari 1 sampai 5 kemudian tiap bilangan tersebut kita tambahkan, pseudocode:

total = 0 --untuk penampung sementara
For bilangan=1 to 5
total = total + bilangan


--Fungsi dan Prosedur

Sebenarnya hal ini tidak dibutuhkan, fungsi dan prosedur lebih ke arah untuk efisiensi pemograman yang berulang. Fungsi merupakan blok program yang berisi perintah dan menghasilkan nilai keluaran, sedangkan prosedur tidak memerlukan nilai keluaran.



Dengan mengetahui hal-hal diatas, sebenarnya kita sudah mampu melakukan pemograman yang sifatnya tidak kompleks. Tentu saja untuk memogram suatu program yang begitu kompleks, kita perlu terus mengembangkan skill kita. Semoga hal ini bisa berguna buat temen-temen yang baru belajar memogram......


Tetep Semangat.....!!!!



No comments: