"Manusia"?

Manusia memiliki banyak misteri. Banyak potensi yang oleh sebagian orang belum bisa terdeteksi, apalagi untuk dimanfaatkan secara maksimal. Ketertarikan saya bermula ketika saya pernah membaca Firman Allah dalam Alqur'an bahwa manusia itu diciptakan fi ahsani taqwim, diciptakan dengan sebaik-baik penciptaan. Terjemahan bebas saya, bahwa manusia itu mempunyai bentuk dan fungsi yang lebih baik dari pada makhluk yang lain. Dari situlah timbul banyak pertanyaan. Jika kita memang lebih baik dari pada makhluk lain, Bisakah kita terbang layaknya burung tanpa menggunakan alat atau sarana lain? Atau Bisakah kita menyelam ke dasar laut layaknya ikan tanpa menggunakan alat?

Pemikiran saya bukan tanpa alasan karena hal tersebut juga pernah dilakukan oleh orang jaman dahulu. Saya pernah mendapat cerita bahwa orang sakti jaman dahulu ada yang bisa terbang, bisa berjalan di air, menyelam dalam lautan dan juga menyusup ke dalam tanah. Apakah hal itu mungkin? Terlepas benar atau salah, sayapun mempunyai keyakinan bahwa manusia memiliki potensi yang sangat besar. Kalau saja saya bisa mengerti apa sebenarnya "Manusia" itu, mengerti secara detail, mulai dari bentuk sel sampai bentuk organ hingga menjadi organisme dan juga mengerti cara kerja semua sistemnya. Itulah yang menjadi tujuan saya.

No comments: